8 Keindahan Danau Dan Air Terjun Yang Menajubkan

8 Keindahan Danau Dan Air Terjun Yang Menajubkan
8 Keindahan Danau Dan Air Terjun Yang Menajubkan | Bagusbenar.com

Keindahan Danau Dan Air Terjun Yang Menajubkan – Air Terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.

PENGERTIAN DANAU, MANFAAT DANAU
DANAU adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, “ice cap” atau “gletser”, es ini menutupi aliran air keluar danau.

Istilah Dari Danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, dll.

Baca Juga : Harga Dan Khasiat Batu Badar Perak Asli

BERDASARKAN PROSES TERJADINYA, DANAU DI BEDAKAN MENJADI?…

  • Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan
  • Danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi
  • Danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme
  • Danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi
  • Danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur
  • Danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air
  • Danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia

BERIKUT DELAPAN KEINDAHAN DANAU DAN AIR TERJUN YANG MENAJUBKAN

Plitvice Lakes

Plitvice Lakes, Kroasia
Dalam taman nasional hutan di Kroasia, air dari serangkaian 16 danau yang saling terkait, mengalir menjadi air terjun. Danau-danau dipisahkan oleh bendungan batu kapur alami. Dinyatakan sebagai Taman Nasional pada tahun 1949, Danau Plitvice adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, termasuk satwa langka seperti lynx, polecats Eropa, dan serigala.

Blood Falls

Blood Falls, Antartika
Dalam limbah beku Antartika timur, air terjun berwarna merah mengalir keluar dari celah-celah di Gleter Taylor. Air berasal dari danau hiper-asin, yang telah terperangkap di bawah gletser selama 2 juta tahun. Karena air yang mengalir keluar ini kaya zat besi, besi bereaksi dengan oksigen di udara dan membentuk karat, menyebabkan air terjun berwarna merah yang cerah. Komunitas kuno mikroba di danau dapat memberikan petunjuk mengenai kehidupan prasejarah di Bumi dan planet-planet lainnya.

Pamukkale Travertine Terraces

Pamukkale Travertine Terraces, Turki
Kolam Turquoise dari air yang mengisi teras batu kapur yang terdeposit oleh air yang mengalir dari mata air panas kaya mineral. Pamukkale berarti Benteng Kapas. Teras Pamukkale terletak di sebelah kota kuno Romawi Hieropolis. Keduanya, teras dan kota, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Caño Cristales

Caño Cristales, Kolombia
Selama periode singkat antara bulan September dan November, sungai ini berubah dari sungai biasa menjadi pelangi warna. Warna-warna merah, biru, hijau dan oranye pada sungai disebabkan oleh tanaman endemik, Macarenia clavigera, mengalami ledakan pertumbuhan di dalam air sungai – serta lumut dan ganggang. Sungai ini terletak di daerah terpencil dari pegunungan Serranía de la Macarena. Akses ke sungai ditutup sampai pertengahan 2000-an akibat aktivitas gerilya.

Salar de Uyuni

Salar de Uyuni, Bolivia
Situs seluas 10.582 kilometer persegi ini adalah situs padang garam terbesar di dunia. Selama musim hujan, padang garam ini akan dibanjiri oleh air dari danau tetangga dan berubah menjadi cermin raksasa yang mencerminkan langit. Wilayah ini merupakan sumber utama lithium.

Loktak Lake

Loktak Lake, India
Bintik-bintik di danau ini adalah Phumdi: Jalinan melingkar dari vegetasi, tanah dan material organik lainnya. Phumdi terbesar mencakup lebih dari 40 km persegi. Kaya akan keanekaragaman hayati, danau adalah rumah bagi hewan yang terancam punah seperti ular India dan hoolock gibbon. Danau ini juga memasok air untuk proyek PLTA.

Kelimutu Crater Lakes

Kelimutu Crater Lakes, Indonesia
Di atas gunung berapi Kelimutu di Indonesia terletak tiga danau kawah, masing-masing memiliki warna yang berbeda. Danau-danau terletak bersebelahan satu sama lain dalam puncak gunung berapi yang sama. Mereka mengubah warna mereka secara berkala, mulai dari biru menjadi hijau, merah, hitam, dan bahkan cokelat atau putih. Ketiga danau memiliki temperatur dan komposisi kimia yang berbeda.

Champagne Pool

Champagne Pool, Selandia Baru
Seperti dalam segelas sampanye, gas karbon dioksida terus bergelembung di Champagne Pool. Mata air panas yang terbentuk sekitar 900 tahun yang lalu ini, memiliki suhu permukaan sekitar 74 ° C. Tepinya yang berwarna oranye cerah, kaya akan silika, dengan deposit arsen dan antimon sulfida. Ada juga deposit merkuri, thallium, emas dan perak pada batuan sekitarnya. Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Sakit Gigi

BAGUS BENAR
Bagi anda yang ingin copy paste artikel dari Bagusbenar.com ini saya mempersilahkan Anda dengan syarat sertakan Sumber Link ini : http://bagusbenar.com/8-keindahan-danau-dan-air-terjun-yang-menajubkan.html

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply